10 Kuliner Wajip di Sumatra Barat

Nah di bawah ini kita buatkan list 10 kuliner wajip, jadi temen-temen yang suka wisata kuliner wajip cobain. List ini di buat berdasarkan pengamatan penulis sendiri nih, jadi semuanya favorit dari penulis.

1. Nasi Kapau

Ini adalah salah satu kuliner wajip kalau berkunjung ke kota Bukittinggi, Nasi Kapau adalah nasi ramas masakan dari Nagari Kapau yang terletak sekitar 7 km di luar kota Bukittinggi.
Secara sepintas lauk pauk nya mirip dengan restoran nasi padang lainnya. Namun yang membedakan adalah “Sayur Kapau” dengan kuah santan yang wangi dan rasa yang susah di ungkapkan nikmatnya. Sayur Kapau ini berisi nangka muda, kacang panjang, rebung, daun kol.

Sayur Kapau, Dendeng Kapau, dan Tambusu

Selain dari sayur kapau, ada Dendeng kapau yang cara memasaknya sedikit berbeda dengan dendeng nasi padang. Bedanya daging untuk memasak dendeng nya di lumuri bumbu dulu, lalu di jemur hingga kering, baru kemudian di goreng kering dan di beri cabe. Rasanya.. enak dong, dan wanginya itu khas banget, tapi dagingnya agak keras ya.. Tidak di anjurkan bagi yang giginya kurang kuat.

Lalu ada lagi Tambusu, usus sapi yang di isi dengan adonan telur dan tahu kemudian di masak dengan bumbu kuah santan.

Untuk mencoba Nasi Kapau tidak perlu jauh-jauh ke Nagari Kapau, datang saja ke Los Lambuang yang terletak di Pasar Atas. Pasar Atas ini berada di kawasan Jam Gadang, jadi sekalian foto-foto di Jam Gadang lalu cobain Nasi Kapau

Nasi Kapau Ni Er atau Nasi Kapau Hj Mes
Alamat: Los Lambuang di Pasar Lereng (Pasar Atas)

2. Itiak Lado Mudo

Bagi pecinta kuliner pedas, ini dia masakan yang bakal menggugah selera teman-teman. Itik goreng yang di baluri dengan cabe hijau giling.

Itiak Lado Mudo merupakan masakan olahan daging itiak (bebek) dan bumbu-bumbu khusus serta dicampur dengan lado mudo (cabe hijau keriting) yang telah digiling. Itiak lado mudo dikenal di beberapa daerah di Bukittinggi seperti di Koto Gadang dan Sianok.

Menyebut itiak lado mudo mungkin membuat banyak penggemar masakan Minang menitikkan air liur. Sebab itiak lado mudo terkenal dengan rasa gurih dan super empuk dibalut bumbu cabai hijau yang pedas nikmat. Dimakan dengan nasi hangat saja sudah bikin selera terpuaskan.

Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai
Alamat: Jl. Binuang no 41, Kayu Kubu, Bukittinggi

3. Rendang

Tahukah kalian Rendang sudah dua kali di nobatkan menjadi makanan terlezat di dunia versi CNN Travel. Rendang yang di nobatkan sebagai makanan terlezat di dunia ini adalah Rendang Khas Minang, asal namanya adalah dari Marandang yang dalam bahasa Minang berarti proses memasak sebuah makanan dengan api kecil dan dalam waktu yang lama sampai airnya kering.

Proses pembuatannya memakan waktu yang sangat lama bisa sampai 06 jam dan harus di aduk secara berkala agar tidak gosong. Dimana Daging sapi di masakan dengan santan dan beberapa bumbu lainnya: bawang putih, bawang merah, cabe merah, jahe, lengkuas, kemiri, kunyit dan lain-lain.

Di Padang biasanya rendang menggunakan daging sapi, namun ada juga Rendang Ayam yang selalu di temui di Nasi kapau, atau Rendang Paru yang biasanya khas dari Kota Payakumbuh.

Padang
Restoran Selamat
Alamat: Jl. Pasar Raya No.7, Kampung Jao, Padang

RM Rendang Rajo Rajo
Alamat: Jl. Raya Jondul No.2, Jondul Rawang, Padang

Bukittinggi
RM Selamat
Alamat: Jl. A. Yani No.19, Benteng Pasar Atas, Bukittinggi

4. Ikan Bakar Santan

Padang terletak di pinggir pantai, karena itu banyak restoran yang menyajikan aneka masakan laut segar. Salah satu yang penulis suka adalah Ikan bakar masak santan pedas di Restoran Ikan Bakar Djoni Kun atau di Restoran Ikan Bakar Purnama, di sini kita bisa pilih maunya ikan jenis apa, kalau saran dari penulis boleh cobain Ikan Pari yang dagingnya lembut dan makannya gampang karna tulangnya itu cuma di tengah.

sumber: foursquare.com

Selain ikan bakar santan, menu andalan lainnya ada ikan goreng sambal petai. Tampilannya seperti di bawah ini guys, gilak ya pete nya bikin ngiler.. nanti malam cus ke sana ah!!

sumber: olinggo.com
Ikan Bakar Djoni / Kun
Alamat: Jl. Pulau Air No.1, Padang

Rumah Ikan Bakar Purnama
Alamat: Jl. Kampung Nias V No.44, Padang

5. Soto Padang

Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun, ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas. Selain di Kota Padang, Sumatra Barat, hidangan Soto Padang juga mudah ditemukan di berbagai restoran Padang di penjuru dunia.

Racikan bumbu dan rempah berlimpah membuat soto Padang terasa nikmat. Kuahnya yang bening segar membuat soto Padang cocok disantap dengan nasi hangat. Belum lagi isian daging dendengnya yang kering renyah. Ditambah perkedel, sambal dan kerupuk, makin enak!Untuk dagingnya biasanya ada beberapa pilihan: Daging Lunak, Daging kering atau Paru.

Soto Garuda
Alamat: Jl. S Parman No.110, Lolong Belanti, Padang

Soto Minang Roda Jaya
Alamat: Jl. Tepi Pasang No.67, Simpang Kinol-Pondok, Padang

Soto Paru Sari Rasa
Alamat: Jl. Hos Cokroaminoto No.66, Padang

6. Dendeng Batokok Lado Hijau

Dendeng batokok atau dendeng lambok dinamakan begitu karena daging sapi nya dipotong iris dendeng lalu di rebus dulu dengan bumbu-bumbu. Setelah matang, daging ini di oleskan dengan bumbu bawang merah, kunyit, lengkuas, dll. Kemudian di bakar dan di tokok (di pukul) sampai dagingnya menjadi lebih tipis, dan teksturnya menjadi lebih lembut.

sumber: lifestyle.okezone.com

Biasanya pada saat di sajikan dendeng batokok terpisah dengan cabe hijau nya, jadi kita dapat makan daging nya, bisa juga di cocol dengan cabe hijau yang seger dan pedas.

Untuk cabe hijau nya sendiri ada beberapa versi yang sedikit berbeda di masing-masing restoran, ada yang di masak dengan minyak, dan ada juga yang hanya di siram dengan minyak panas. Yang hanya di siram ini warna cabe nya keliatan seger banget hijau nya, biasanya ini masakan dari kota Payakumbuh

RM Pongek OR Situjuah
Alamat: Limbukan, Payakumbuh Selatan, Payakumbuh

RM Mintuo
Alamat: Jl. Raya Solok-Padang, Sitinjau Laut, Solok

7. Sate

Di Sumatra Barat sebenarnya ada banyak varian sate, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang, Sate Bukittinggi, Sate Batusangkar, Sate Danguang Danguang Payakumbuh, dan Sate Pariaman.

Kebanyakan Sate di Sumatra Barat menggunakan daging sapi, kecuali sate kuah kacang yang menggunakan daging ayam. Untuk daging sapi nya sendiri ada beberapa pilihan lagi yaitu: daging padat, jantung, lidah dan usus.

Bila teman-teman berkunjung ke Sumatra Barat dan kebetulan melewati kota Padang Panjang, boleh coba rasakan Sate Padang Panjang yang kuah sate nya yang berwarna kuning & di lengkapi dengan kerupuk kulit yang gede-gede.

sate padang panjang
ssumber: https://virginmojito.wordpress.com/

Kalau ke Sumatra Barat, teman-teman jangan tanya dimana yang jual Sate Padang yah.. karna kita di sini biasanya sebutnya Sate Kuah Kuning atau Sate Kuah Kacang. Tapi ada nih satu sate lagi yang warna kuahnya merah, ini adalah Sate Pariaman

sumber: http://ilhamitem.blogspot.com/

Ada yang tau gak nih kenapa warna sate ada yang Kuning dan ada yang merah…?

Saya kasi tau yah.. ini karena kuahnya di masak dengan menggunakan Kunyit, sehingga warna kuahnya jadi kuning. Sedangkan kuah merah karena komposisi cabe merah nya lebih banyak, jadi Sate Pariaman sedikit lebih pedas daripada Sate kuah Kuning.

Berikut di bawah ini list-list sate kesukaan penulis

Padang Panjang
Sate Mak Syukur 
Alamat: Jl. Sutan Syahrir No.250, Silaing Bawah, Padang Panjang

Padang
Sate Bundo (Sate Batusangkar)
Alamat: Jl. Aur Duri No.14, Parak Gadang, Padang

Sate Nurdin (Sate Pariaman)
Alamat: Jl. Purus IV No.50
Hanya buka malam hari

Sate Dangung Dangung Simpang Kinol 
Alamat: Jl. Tepi Pasang No. 67, Padang

Payakumbuh
Sate Man
Jl. Soekarno Hatta, Pasar Payakumbuh, Payakumbuh

8. Gulai Gajebo

Gulai gajebo, atau gajeboh, atau sampade daging adalah masakan khas Sumatera Barat dengan bahan utama daging sapi. Bagian yang dipakai adalah punuk, dengan lemak tebal menempel di bagian daging. Perbandingan lemak dan daging pada gulai gajebo bisa 3:1. Semakin tipis bagian daging, rasanya semakin gurih. Potongan ‘lemak berdaging’ itu disajikan dengan kuah asam padeh yang sama sekali tidak menggunakan santan. (https://travel.kompas.com/)

RM Jaso Bundo
Alamat: Jl. Raya Padang-Bukittinggi, Air Mancur, Padang Pariaman

RM Pondok Salero
Alamat: Jl. Raya Solok-Padang, Gunung Talang, Solok

RM Warna Baru
Alamat: Jl. Padang - Alahan Panjang, Danau Kembar, Solok

9. Gulai Kepala Ikan

Selain dari rendang, sate padang dan soto padang, sebenarnya Sumbar memiliki satu kuliner lain yang tak kalah nikmat yaitu Gulai Kepala Ikan Karang. Gulai kepala ikan ini gampang di jumpai di banyak rumah makan di seputaran kota Padang, dan rasanya juga rata-rata enak.

Tapi penulis sendiri selalu makan gulai kepala ikan di kawasan pantai Bungus, yang berjarak 23 km dari kota Padang. Sepanjang perjalanan menuju ke sini kita akan melewati jalanan berkelok-kelok di tebing sepanjang garis pantai Samudra India, dengan pemandangan yang sangat indah. Di kejauhan terlihat pelabuhan Teluk Bayur dengan kapal-kapal kontainer, pulau kasiak dengan pasirnya yang putih, pantai nirvana, kapal-kapal pesiar yang terparkir di buai ombak, dan bukit barisan dengan persawahan yang menghijau.

Tanpa terasa perjalanan selama 40 menit rasanya singkat sekali, dan kita telah tiba di Rumah Makan Keluarga Bungus.

Tentu saja Rumah makan ini mempunyai banyak menu tambahan lainnya, yang tidak kalah enaknya seperti Telur Barendo (telur dadar yang di masak dengan minyak sangat panas, sehingga bagian pinggiran nya seperti berenda).

Kalau saya setiap kesini selalu makan 03 macam menu saja: Gulai Kepala Ikan, Pare dan Jengkol Lado Hijau

Pare balado dengan kacang panjang dan udang kecil
RM Keluarga
Alamat: Jl. Raya Padang-Painan, Bungus Teluk Kabung, Padang

10. Ayam Pop

Ayam pop adalah salah satu varian masakan ayam dari Ranah Minang, dengan proses pengolahan yang sama sekali berbeda dengan masakan Minang lainnya. Ayam di rebus dengan air kelapa, santan dan bawang putih cincang sampai matang. Pada saat akan di sajikan, ayam tersebut di goreng sebentar dengan minyak kelapa sampai sedikit kecoklatan, yang membuat aroma nya sungguh menggugah selera.

Kalau di lihat sekilas memang tampilannya kurang menjanjikan sih… keliatan seperti ayam di rebus doang, kesannya yah ayam rebus, jauh-jauh ke Bukittinggi masa makan ayam rebus. Tapi sobat cobain dulu rasanya di tambah sambal tomat (cabe merah giling di masak dengan tomat) yang pedas sedikit asam, plus sayur ubi rebus… Dijamin minta Tambuah Ciek.

sumber: gastronomy-aficionado.com
sumber: gastronomy-aficionado.com
Family Benteng Bukittinggi
Alamat: Jl. Yos Sudarso No.4, Bukittinggi

Default image
TP
Articles: 1

Leave a Reply